Tutorial Membuat Shortcode pada WordPress

membuat shortcode pada wordpress

WordPress sudah lama memperkenalkan shortcode dalam sistem mereka, dan kita semua mungkin telah menggunakan mereka pada satu waktu atau pada kesempatan yang lain. Membuat shortcode pada WordPress adalah hal yang mudah dilakukan. Mereka biasanya sudah tergabung dengan plugin, atau bahkan terdapata pada tema, dan apa yang mereka lakukan adalah mengamati ketika Anda memasukkan sesuatu pada tanda kurung besar kemudian mengganti dengan beberapa konten lainnya; itu bisa menjadi kalimat sederhana atau bisa menjadi fungsi PHP, itu semua tergantung pada apa yang Anda perintahkan pada WordPress untuk melakukan apa yang anda inginkan.

Paket Shortcode merupakan hal yang baik, karena dapat mempercepat hal-hal jauh, apakah Anda ingin tahu cara membuat shortcode pada WordPress Anda sendiri?

Dalam artikel ini saya akan membawa Anda untuk menciptakan beberapa shortcode WordPress sederhana yang mungkin dapat membantu Anda dalam membuat fungsi apapun yang Anda suka.

Shortcode Sederhana

Shortcode API bekerja dengan sangat sederhana, pertama Anda harus membuat fungsi callback yang akan dijalankan kapan saja dan menerima respon ketika shortcode telah digunakan, maka Anda perlu untuk mengikat fungsi yang ke shortcode tertentu sehingga siap untuk digunakan. Kode ini sering ditempatkan di file functions.php pada tema yang dipakai saat itu, tetapi jika Anda berencana untuk memiliki banyak shortcode, akan lebih baik jika Anda membuat file tersebut dalam struktur terpisah dan dipanggil melalui file functions.php.

Dalam contoh pertama kami, kami ingin membuat shortcode yang akan membuat sebuah kata menjadi kalimat lorem ipsum, pada saat setiap kali kita mengetikkan kata [lorem] ke dalam editor. Pertama kita perlu membuat fungsi callback yang akan mengembalikan lorem ipsum (di shortcode kita tidak menampilkan sesuatu, tetapi semuanya dikembalikan).

Tutorial lainya   7 Tips untuk Mempercepat Webiste

Selanjutnya kita perlu menambahkan shortcode ini pada WordPress dengan menggunakan fungsi add_shortcode dalam file functions.php atau file yang sedang termasuk di dalamnya, fungsi ini menambahkan shortcode dan juga mengikat ke fungsi yang baru kita buat. Add_shortcode hanya membutuhkan dua argumen , yang pertama adalah nama yang kita inginkan shortcode ini memiliki (apa yang akan kita ketik antara tanda kurung siku) dan yang kedua adalah fungsi yang kita ingin lampirkan dalam shortcode.

Tutorial lainya   Membuat Website Responsive Tanpa Coding

Nah, di atas adalah semua yang diperlukan untuk membuat shortcode sederhana di WordPress.

Menambahkan Parameter

Melanjutkan dengan ide konten dummy ini, kita sering perlu gambar dalam sebuah konten ketika kami mempersiapkan konten dummy dan gambar-gambar ini perlu ukuran yang berbeda, jadi sekarang kita akan membuat shortcode untuk memasukkan gambar dan contoh shortcode terlihat seperti ini:

Ketika WordPress menghadapi hal ini kita ingin fungsi yang akan menyisipkan gambar. Perlu fungsi untuk membaca sebuah atribut width dan height, tetapi dalam kasus kami juga akan memberikan nilai default sehingga dapat digunakan tanpa atribut. Karena kita tidak mungkin memiliki sebuah gambar yang tersedia, kita akan menggunakan lorempixel.com layanan untuk menyediakan kami dengan gambar acak.

Pertama kita perlu membuat fungsi:

Kami memberi nama fungsi ini dengan nama random_gambar dan karena shortcode ini akan dapat mengambil argumen kita memberikannya parameter $atts. Untuk menggunakan atribut kita perlu dua fungsi. shortcode_atts merupakan fungsi WordPress yang menggabungkan atribut kami dengan atribut yang dikenali dan mengisi nilai default bila diperlukan dan fungsi ekstrak PHP seperti namanya, akan men-ekstrak atribut-atribut yang kita tetapkan untuk shortcode kami. Akhirnya fungsi akan mengembalikan nilai yang kita inginkan, dalam hal ini kode HTML untuk gambar kami dikombinasikan dengan variabel width dan height.

Hal terakhir yang perlu dilaukan adalah mendaftarkan shortcode tersebut:

Tutorial lainya   5 Plug-in Sublime-Text untuk Frontend Developer

Shortcode selesai dibuat, ketika kita ketik [gambar] ini akan memberi kita gambar secara acak 400, 200, dan jika kita menggunakan atribut, kita dapat membuat gambar dari berbagai ukuran yang kita inginkan.

Kesimpulan

Membuat shortcode pada WordPress untuk hal-hal yang yang sering kita gunakan pasti akan membantu kita ketika menulis posting blog karena Anda dapat melakukan apapun yang Anda minta dengan shortcode, dapat mengembalikan sebuah kalimat sederhana, atau serumit menambahkan bentuk atau posting terbaru yang diurutkan berdasarkan bulan.

Penulis Tutorial

Penulis Tutorial

Kata terindah

2 komentar pada "Tutorial Membuat Shortcode pada WordPress"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *